KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, tauiik, serta hidayahNya. Proposal Rencana Usaha
Kerja Pembuatan Keripik Pohong telah
selesai dikerjakan.
Adapun maksud dan tujuan pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Kewirausahaan dan
sebagai sarana pengaplikasian ilmu yang telah
kami dapat dari mata kuliah Kewirausahaan.
Penyusunan proposal ini tidak lepas dari
bantuan, pengarahan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena
itu, pada kesempatan yang baik ini
penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Dede Sukmana, selaku guru mata pelajaran Kewirausahaan.
Dalam penyusunan proposal ini kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun apabila terdapat kekurangan
kami selaku penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang
akan datang.
akhirnya penyusun berharap semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi kami sebagai penulis dan umumnya bagi
pembaca.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Identitas Perusahaan
Nama jenis usaha : Produksi
Cemilan
Keripik Pohong
Alamat :
winong, RT 03, RW 05, Kel. Candiroto, Kec. Candiroto, Temanggung
Nama Pemilik : Zaini
Usman
Bentuk usaha :
Perorangan
B. Visi dan Misi
Visi Perusahaan
a. Terbaik dalam pelayanan
pemesanan produk.
b. Terkenal dengan
kualitas produk yang berbeda dengan berbagai rasa.
c. Terkemuka dan nomor
satu di kabupaten Temanggung
Misi Perusahaan
a. Mewujudkan pelayanan
pemesanan yang cepat tanggap.
b. Mewujudkan keahlian
dalam pembuatan Kripik Singkong yang berkualitas.
c. Mewujudkan daya tarik
seluruh masyarakat untuk produk makanan ini.
C. Aktivitas Usaha
Memproduksi makanan (kripik singkong) bermacam rasa.
Melayani pemesanan konsumen dengan cepat.
Penjualan produk ke berbagai tempat.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A. Latar Belakang
Pada saat
ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien.
Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih
memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan
pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran
inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis “Keripik Pohong” Nama Pohong
kami ambil dari nama singkong sendiri di daerah candiroto.
Dalam
memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui
adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar
yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah
persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa
malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan
lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau
rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting
adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada
gagal mencoba.
Sebenarnya banyak peluang usaha yang
bisa kami kembangkan, namun kebanyakan usaha tersebut memerlukan modal yang
tidak sedikit, hal seperti ini menjadi kendala untuk kami sebagai kelompok yang
ingin belajar usaha.
B. Tujuan Pendirian Perusahaan
a. Untuk melayani
masyarakat dalam hal kebutuhan makanan ringan pada saat santai, picnik, acara
keluarga,dan lain-lain.
b. Membuka lapangan
pekerjaan.
c. Mengembangkan kerja
sama dengan mitra bisnis.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A. Target
pasar atau Konsumen
Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah
menjadi kelaziman bahwa usaha ini bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan
produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan
produksi kami ini tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama
bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target
pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan
tenaga. Pesaing kita dari perusahaan kripik lainnya
B. Konsep
pemasaran
Pemasaran
kami terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). untuk produk, kami
mesti mensurvai para pesaing-pesaing kami. Misalnya saja, menentukan
apa, 1 jenis terpopuler untuk kripik di tempat
lain. Nah, khusus, ke 1 menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya,
bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya,
dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 1
menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat kripik yang unik dan beda
dan terlihat lebih menarik serta kalau bisa dengan paket murah.
BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
Dalam pendirian usaha
ini tentunya membutuhkan pengelolaan barang, keuangan dan tenaga pekerja yang baik agar hasil yang
diharapkan dapat tercapai. Sebelum melakukan pengelolaan usaha, perlu
disampaikan bentuk kepemilikan usaha Kripik Pohong adalah perorangan (Kerabat)
Sehingga yang terlibat dalam pengolahan usaha ini adalah Kerabat, dalam hal ini
kawan seperjuangan.
Mengenai kebutuhan tenaga kerja adalah 9 orang dengan jam kerja dari mulai
jam 09.00 s.d jam 16.00 dimana Bisnis
ini dimiliki bersama dengan system bagi modal.
Bisnis ini dikelola secara
bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 9
orang tersebut
1
orang sebagai pengawas
5
orang bertugas mencari dan mengolah bahan
3
orang bertugas mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila
membutuhkan.
BAB
V
ASPEK
PENGOLAHAN
A. Proses
Pembuatan
Tidak
lah sulit bagi kami untuk membuat kripik singkong karena bahan yang kami
butuhkan mutlak ada dimana-mana.
Untuk
bahan-bahanya/hari
1. 3kg Singkong
2. 1 ½ Kg Minyak Goreng
3. 2kg Aida
4. Garam+Penyedap rasa
5. Bawang Putih
6. Plastik ¼
B. Cara
pembuatannya
1. Singkong yang sudah dikupas di cuci
kemudian di iris tiois-tipis
2. Rendam singkong dan penyedap rasa di
tambah bawang merah da putih yang suda di tumbuk terlebih dahulu
3. Panaskan minyak goreng padawajan
setelah panas masukan singkong tinggu hingga matang angkat lalu tiriskan taburi
dengan penyedap rasa
4. Singkong siap dikemas
BAB
VI
ASPEK
KEUANGAN
A.
Modal Usaha
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dengan
bagi modal yang terdiri dari 9 orang. Per orangnya mengeluarkan modal Rp
16.000. Jadi Modal awal kita sebesar
Rp.144.000.
No
|
Bahan
|
Satuan
|
Harga
satuan
|
Jumlah
|
1
|
Singkong
|
15
|
1000
|
15000
|
2
|
Minyak
|
3kg
|
11000
|
33000
|
3
|
Aida
|
10
Bungkus
|
2500
|
25000
|
4
|
Garam
|
1kg
|
5000
|
|
5
|
Bawang merah
|
1kg
|
5000
|
5000
|
6
|
Bawang putih
|
1kg
|
6000
|
6000
|
7
|
Plastik ¼
|
1pck
|
6000
|
6000
|
Jumlah
|
120.000
|
Dengan
modal Rp. 144.000, dan sisa dari modal Rp. 22.000, yang dimasukan ke keuangan,
kami bisa menghasilkan 650 bungkus dan kami jual/bungkusnya @ Rp. 1000
Berikut ini kami tampilkan Proyeksi Keuangan
1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
@ Rp 200.000 = Rp. 400.000 x 2
= Rp. 800.000
2 x Partai Kecil Minimal 150 bungkus
@ Rp 150.000 = Rp. 300.000 x 2 = Rp.
600.000
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
1. Biaya Tenaga Kerja (6 orang @ Rp
5000 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp. 240.000
2.
Biaya Bahan Baku (@ Rp 120.000,00).
Rp 120.000 x 4x Pesanan = Rp 480.000
Biaya Bahan Baku Rp 480.000
Pendapatan – biaya tenaga kerja –
bahan baku = laba
1.400.000-240.000-480.000 = 680.000
Jadi laba yang diperoleh
adalah sebesar Rp. 680.000,00
B.
Aspek usaha dimasa yang akan datang
Melihat kondisi pasar dan perajin
saat ini yang setiap waktu terjadi perubahan dari peminat khususnya pada produk
kami. Kami bertekad untuk tetap memasarkan produk yang kamihasilkan. Untuk itu
kami memasarkan produk yang kami hasilkan untuk itu kami utamakan di wilayah
majalengka, sekolah dan took-toko
lain.
Tidak hanya itu perusahaan kami juga
tidak lepas dari pemasaran lewat internet misalkan di tokobagus.com, situs
jejaring social atau situs-situs yang
banyak di akses oleh kalangan masyarakat.
C. Penutup
Usaha kecil menengah keripik pohong merupakan usaha
rumahan dengan modal pribadi dengan proses pengerjaannya dilakukan
sederhana dengan bermodalakan
keterampilan.
Sehubungan dengan keterbatasan modal
yang yang dimiliki perusahaan maka diharapakan ada bantuan modal dari pihak
lain sehingga usaha kami bisa berkembang menjadi perusahaan yang besar
yangdapat membantu mengurangi tingkat penggangguran di wilayah temanggung terutama.
Sehingga temanggung menjadi kabupaten yang mandiri.